LDII News

LDII Minta Ormas Dilibatkan Rekrutmen Politik

Posted on: Agustus 17, 2008

Jakarta, CyberNews. Ketua DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Praseto Sunaryo mengatakan guna meningkatkan kualitas para pemimpin di masa depan organisasi masyarakat (ormas) ikut dilibatkan dalam seleksi rekrutmen politik.

“Saat ini dalam pemilihan (pilkada/pemilu) terkesan sangat mementingkan kualitatif saja. Jadi siapa yang memiliki suara terbanyak dialah yang terpilih. Padahal kita juga menginginkan adanya seleksi kualitatif,” kata Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo di Jakarta, Sabtu (21/6).

Prasetyo mengatakan masyarakat selama ini tidak pernah bisa mengetahui dengan jelas siapa-siapa yang dicalonkan oleh parpol. Dia menjelaskan yang bisa mengisi reformasi saat ini ada enam aktor utama yakni: parpol, kekuatan finansial, kekuatan birokrasi, pertahanan keamanan (TNI/Polri), media dan civil society (ormas dan LSM).

Namun dalam kenyataannya, tambah Prasetyo di setiap rekrutmen politik posisi ormas masih terpinggirkan. Prasetyo mengajukan gagasan agar ormas diberikan kesempatan untuk menyampaikan opini dan pendapatnya terhadap calon-calon yang diajukan parpol.

“Dengan demikian parpol akan memunculkan calon-calon yang berkualitas,” kata Prasetyo. Namun Prasetyo juga mengingatkan bahwa untuk bisa melakukan hal tersebut, ormas juga harus memiliki data yang lengkap dan terus menerus memberikan masukan yang berkesinambungan.

(http://nuansaonline.net/index.php?option=com_content&task=category&sectionid=1&id=1&Itemid=2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2008
S S R K J S M
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 12,038 hits
%d blogger menyukai ini: