LDII News

LDII Rancasari Sudah Menganut Paradigma Baru

Posted on: September 13, 2008

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1429 H Tahun 2008, Pimpinan Cabang Lembaga Da`wah Islam Indonesia (PC-LDII) Kecamatan Rancasari Kota Bandung, telah mengadakan pengajian umum. Kegiatan pengajian yang dilaksanakan Jumat malam 29/8, bertempat di Masjid Al-Mustajab Jalan Raya Riung Bandung, upaya untuk meningkatkan ukhuwah antar uat mslim. Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai penceramah yakni, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Rancasari Drs Taufik Rachman, MM.

Dalam ceramahnya dosen di berbagai perguruan tinggi swasta di Bandung ini, banyak menyorot tentang perkembangan konstalasi umat Islam secara menyeluruh. Usai memberikan ceramah kepada Pelita, Taufik mengatakan, sebagai umat muslim kita tidak boleh hanya mementingkan keshalehan spiritual saja. Dengan mengabaikan keshalehan sosial, persoalan inilah barangkali membuat kita selama ini menjadi dekat tapi jauh.

Kita sebenarnya sudah capek, mendengar pemberitaan-pemberitaan di berbagai media yang memberitakan tentang konflik antar umat atau kelompok. Untuk itu, mari kita sama-sama mulai dari sekarang untuk meningkatkan kebersamaan umat jangan sampai ada lagi perbedaan diantara sesama muslim. Sebagai contoh kecil saja misalnya, yang satu sholatnya pakai qunut yang satunya tidak qunut hal itu hendaknya janganlah dijadikan perbedaan, ungkap Taufik.

Berkenan dengan telah dikeluarkannya Keputusan Komisi Fatwa MUI Pusat Nomor 03/Kep/KF-MUI/IX 2006 tanggal 04 September 2006 M/11 Sya`ban 1427 H tentang Lembaga Da`wah Islam Indonesia, Taufik menyambut baik, menurutnya dalam fatwa MUI tertuang tentang Islam Jamaah dan surat pernyataan klarifikasi dari Dewan Pimpinan LDII Pusat yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjennya.

Dijelaskannya, dalam fatwa tersebut menetapkan LDII Pusat dapat menerima pernyataan klarifikasi yang menyatakan bahwa LDII telah menganut paradigma baru. LDII bukan penerus/kelanjutan dari gerakan Islam Jamaah serta tidak menggunakan ataupun mengajarkan ajaran Islam Jamaah. LDII tidak menggunakan ataupun menganut sistem ke-amir-an dan tidak menganggap umat muslim di luar kelompok mereka sebagai kafir atau najis, juga bersedia bersama dengan Ormas-Ormas Islam lainnya, untuk mengikuti landasan berfikir keagamaan sebagaimana yang ditetapkan MUI.

Dalam fatwa tersebut, MUI juga mengimbau agar klarifikasi dilakukan oleh pengurus LDII tingkat provinsi dan Kabupaten/ Kota, sebagaimana telah dilakukan oleh Dewan Pimpinan LDII Pusat kepada MUI Pusat. Agar segera mungkin Dewan Pimpinan LDII Pusat melakukan Munas/Mukernas dan membuat keputusan mengenai hal tersebut sehingga terjadi persamaan persepsi di LDII sampai pada tingkat yang terbawah.

Sementara, Wakil dari sesepuh Pimpinan Cabang LDII Kecamatan Rancasari Kota Bandung, H Sunarya, SH, MM, ketika dimintai komentarnya berkaitan dengan terbukanya kran paradigma baru LDII, ia sangat merespon, dan menyambut baik. Namun, katanya, itukan butuh proses, dan paradigma ini, menurut H Sunarya, sejak tahun 2005 dapat diwujutkan, terbukti dengan diprogramkannya keshalehan sosial yang telah menjadi program utama LDII.

Misalnya, baru-baru ini kami telah membantu para siswa dari anak yang kurang mampu melalui beasiswa SD/SMP dan SMA. Juga membantu anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk pemberian alat-alat permainan anak memberikan sumbangan kepada masjid dilingungan komplek Riung Bandung, serta melaksanakan perbaikan jalan untuk dihotmik di jalan Riung Mas dan Riung Mukti sepanjang 2.500 M2 membuat tong-tong untuk tempat samapah dan keranda atau kereta mayat. Dan semua yang dapat kami bantu itu bukannya jamaah dari LDII melainkan umat Islam secara menyeluruh yang berada di Riung Bandung, kata Sunarya.(ck-04)
(Sumber: http://www.hupelita.com/baca.php?id=55455)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 12,038 hits
%d blogger menyukai ini: